UPACARA HARI GURU NASIONAL DI MTsN 2 KOTA BIMA TERTIB DAN KHIDMAT

By E. Amryn, S.Ag.,M.S.I 25 Nov 2023, 23:01:06 WIB Pendidikan
UPACARA HARI GURU NASIONAL DI MTsN 2 KOTA BIMA TERTIB DAN KHIDMAT

Gambar : Pembina Upacara, Kepala MTsN 2 Kota Bima, E. Amryn, S.Ag.,M.S.I Pembina Upacara, Arifuddin Feno, S.Pd. dan Tim Penggerek Bendera Merah Putih


Upacara Hari Guru Nasiònal (HGN) ke 78 di MTsN 2 Kota Bima terlaksana dengan tertib dan khidmat. Petugas upacara Bapak/Ibu guru MTsN 2 Kota Bima. Pakaian kebaya nasional yang dijadikan seragam Ibu guru menambah indah tampilannya. Warna yang dipilih begitu sesuai dengan suasananya, ada warna biru dongker, merah maron paduan kuning sebagai bawahan, putih, dll. Pakaian adat yang dikenakan oleh Bapak gurunya menambah maco bagai pangeran penampilannya dengan sambolo yang dijadikan ikat kepala.
Kegiatan upacara HGN di MTsN 2 Kota Bima terlaksana berkat dedikasi dewan guru. Sebuah kesadaran yang terbangun sebagai jati diri guru suluh kehidupan.
Guru adalah bagian komponen cermin bagi bangsa, karena guru, di tangannya terdapat banyak harapan. Di tangan guru ada anak didik seperti sosok Habibi, dan atau sosok orang hebat lainnya di dunia. Atau sosok manusia yang baik yang memiliki kemanfaatan bagi manusia lain dan lingkungan sekitar.
Teks sambutan Gus Menteri Agama RI, Yaqut Cholil Qoumas, dibaca oleh Pembina Upacara, Kepala MTsN 2 Kota Bima, Edy Amryn, S.Ag.,M.S.I., pada paragraf ke 5, tema HGN 2023 "Guru Pembelajar, Bahagia Mengajar." Mencerminkan potret guru yang transformatif." Dilanjutkannya pada paragraf ke 6, "...pendidikan juga memiliki kapasitas untuk mentransformasi
anak didik menjadi manusia yang tidak hanya memiliki pengetahuan yang luas, tetapi juga kepribadian yang kuat, kreativitas yang berkembang, dan moralitas yang terpuji."
Setelah selesai upacara, maka untuk membangun sebuah paradigma keadaban anak didik menyimbolkan ketundukkan diri dan ungkapan rasa syukur dengan bersalaman, mencium tangan guru sembari anak didik mengucap "terima kasih guruku, doa terbaik kami untukmu."
Upacara HGN ke 78 di MTsN 2 Kota Bima terlaksana dari pukul 07.45 s/d 08.15. Sabtu, 25 November 2023 di halaman upacara MTsN 2 Kota Bima. (Author AE01)




Video Terkait:

Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment