Upacara Hardiknas 2023, Kepala MTsN 2 Kota Bima : Momen Merenungkan Jasa Pahlawan Pejuang Pendidikan
Upacara Hari Pendidikan Nasional 2023

By admin 02 Mei 2023, 10:00:01 WIB Pendidikan
Upacara Hardiknas 2023, Kepala MTsN 2 Kota Bima : Momen Merenungkan Jasa Pahlawan Pejuang Pendidikan

Gambar : Upacara Hardiknas 2023 MTsN 2 Kota Bima


Upacara Hardiknas 2023, Kamad MTsN 2 Kota Bima : Momentum Merenungkan Jasa Pahlawan Pejuang Pendidikan

Pagi hari ini (02/5/2023) seluruh warga MTsN 2 Kota Bima, berkumpul di halaman madrasah untuk melaksanakan Upacara Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2023.

Penetapan Hardiknas tak bisa dilepaskan dari sosok Ki Hajar Dewantara. Kurang lebih, ada tiga semboyan yang melekat erat dengan dunia pendidikan yang dicanangkan beliau, yaitu:

• Ing ngarso sung tulodho: di depan memberi teladan

• Ing madyo mangun karso: di tengah memberi bimbingan

• Tut wuri handayani: di belakang memberi dorongan

Perjuangan Ki Hajar Dewantara dalam bidang pendidikan membuatnya mendapat julukan bapak pendidikan Indonesia. Hari kelahirannya, yaitu tanggal 2 Mei juga ditetapkan sebagai Hari Pendidikan Nasional dalam Surat Keputusan Presiden RI No. 305 tahun 1959 tertanggal 28 November 1959.

Tahun ini Kemdikbud mengangkat tema pada Hardiknas 2023, yaitu "Bergerak Bersama Semarakkan Merdeka Belajar”.

Kepala MTsN 2 Kota Bima, E. Amryn, S.Ag.,M.Si bertindak langsung sebagai Pembina Upacara pada hari ini, menyampaikan amanat dan motivasi pendidikan. "Hardiknas merupakan momentum kebahagiaan kita sebagai generasi pendidikan, bagaimana kita merenung para pejuang pahlawan pendidikan yang mampu memikirkan pendidikan melampaui zamannya" pungkasnya mengawali amanatnya.

"Ali bin Abi Tholib berkata, Didiklah anakmu sesuai dengan zamannya", sambungnya.

Edi juga berpesan kepada peserta didik MTsN 2 Kota Bima, Jangan jadi siswa pecundang, jadilah sebagai pejuang, generasi pendidikan yang sungguh-sungguh belajar, yang punya kompetensi dan berprestasi.

Amryn tidak lupa mengingatkan para Dewan Guru atau Pendidik, "Mari kita tingkatkan semangat, profesionalitad dan kompetensi sebagai pejuang pendidikan untuk memajukan MTsN 2 Kota Bima ini. Mari beri keteladanan kepada anak2 kita untuk menuntut ilmu pengetahuan dengan mengedepankan adab, meningkatkan disiplin dan menjaga kebersihan." imbuhnya.

"Demikian amanat yang bisa saya sampaikan pada kesempatan ini yang merupakan jadi pertama kalinya saya menyampaikan amanat sebagai Kepala Madrasah yang baru" katanya menutup amanat pembina upacara.

Upacara digelar menggunakan pakaian adat tradisional sesuai dengan edaran Kemdikbud. Tampak hadir pada Upacara tersebut, Kepala Madrasah, Kepala TU, Semua Wakil Kepala Madrasah, Dewan Guru dan Staf Pegawai Tata Usaha. Upacara berjalan lancar dan  penuh khidmat. (al-Faqir)




Video Terkait:

Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment