PEMBINAAN ASN: PENUH KEAKRABAN DAN KEKELUARGAAN
Prof. DR. H. Nizar, M.Ag: Saya Mengharuskan Diri untuk Hadir setelah Kakanwil Kemenag Provinsi NTB, H. Zamroni Aziz, SH.,MH., Memohon Kehadiran untuk Pembinaan

By E. Amryn, S.Ag.,M.S.I 28 Nov 2023, 17:03:08 WIB Silaturrahmi
PEMBINAAN ASN: PENUH KEAKRABAN DAN KEKELUARGAAN

Gambar : Pembinaan Pegawai ASN Lingkup Kanwil Kemenag NTB oleh Sekretaris Jendral Kemenag RI, Prof. DR. Nizar, M.Ag., Rinjani Ballroom, Hotel Lombok Raya Kota Mataram


Ribuan Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup Kementerian Agama Wilayah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) memenuhi Rinjani BallRoom, Hotel Lombok Raya Kota Mataram. Tempat duduk yang tersedia (oleh Panitia) sejatinya hanya berada dalam BallRoom namun sampai meluber diluar ruangan pembinaan.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Nusa Tenggara Barat, H. Zamroni Aziz, SH.,MH. saat sambutannya, mengatakan, “Pegawai Aparatur Sipil Negara yang ada pada lingkup Kantor Wilayah Kemenag NTB sungguh ingin melihat Sekretaris Jendral Kementerian Agama Republik Indonesia dari dekat, selama ini hanya dapat dilihatnya dari media saja. Hari ini sungguh luar biasa antusias dan cinta pegawai ASN pada Sekjennya, Prof. DR. Nizar, M.Ag.” terdengar riuh tepuk tangan dari peserta pembinaan.

Sekretaris Jendral (Sekjen) Republik Indonesia Prof. DR. Nizar, M.Ag., nampak bahagia dan semangat, Nizar bercerita latar belakang kehadirannya, “melalui seluler, Zamroni menyampaikan permohonan kehadiran dan memberi pembinaan pada pegawai ASN lingkup kantor wilayah kemenag se-NTB, maka saya mengharuskan diri untuk hadir, namun hampir saja, pulang balik ke Jakarta, suasana yang nampak beda dengan yang lainnya, massa (pegawai ASN) meluber sampai diluar BallRoom, dengan suasana sekarang ada “kekhawatiran” akan disangka “memobilisasi atau mengerahkan massa” dengan banyak pegawai ASN.” Disambut riuh tepuk tangan dari peserta pembinaan.

 Hal ini, menunjukkan suasana yang terbangun keakraban dan kekeluargaan antara Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi NTB dan Sekretaris Jendral Kemenag RI.

Pembinaan Pegawai ASN itu, Nizar, menjelaskan sistem Merit yang terdapat dalam Undang undang No. 5 tahun 2014 tentang ASN: bahwa kebijakan dan manajemen ASN yang berdasarkan pada; 1. Kualifikasi; 2. Kompetensi; 3. Kinerja;. Dan hal ini, harus terbangun keadilan dan kewajaran dengan tanpa membedakan latar belakang.

Sementara ini pegawai ASN pada beberapa formasi ada ketimpangan antara kebutuhan dengan formasi. Maka perlu ada perbaikan. Sebuah contoh seorang PNS kualifikasi S1 mengisi formasi yang tidak sesuai formasinya. Dalam hal kompetensi pegawai PNS mendapat skor dari Uji Kompetensi masih dibawah standar minimal. Sehingga akan dilakukan review.

Aspek kinerja pegawai PNS, kinerja harus diraih secara kualitas dan kuantitas. Kerja yang terukur akan mendapatkan hasil kinerja secara kategorinya Cukup, Baik, dan Amat Baik, namun ada kategori di bawah itu, maka atasan dapat memberikan pembinaan sesuai dengan aturan berlaku. Apabila pembinaan tidak mempan maka diambil kebijakan lain, “di”bina”sa”kan.”

Kegiatan Pembinaan ASN lingkup Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Nusa Tenggara Barat dihadiri juga oleh Rektor UIN Mataram, Prof. DR. H. Masnun Tahir, M.Ag., Komisioner KPU NTB, Kepala Kantor Kemenag Kota/Kabupaten se-NTB, Kepala Madrasah Negeri semuat tingkat, MIN, MTsN, dan MAN se-NTB, dll. nampak juga Kepala MTsN 2 Kota Bima, E. Amryn, S.Ag.,M.S.I., sambil berseloroh menyampaikan, “kegiatan pembinaan pegawai ASN ini mengingatkan kepada kita untuk melaksanakan kewajiban, tugas dan fungsi ASN dengan baik sehingga mendapat kinerja dengan kategori “Amat Baik” dan harus meningkatkan kompetensi dengan nilai di atas minimal.”

Kepala MTsN 2 Kota Bima menyambung pandangannya, “Sekjen RI, sangat ketat pada ASN yang tidak netral. Maka apabila ada ASN kita yang membantu dalam kegiatan politik praktis pada salah satu paslon akan diberikan sanksi berat sesuai dengan aturan yang berlaku, maka perlu ada bukti yang kuat tidak boleh fitnah.”

kegiatan pembinaan ASN lingkup Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi NTB dilaksanakan pada Ahad, 27 November 2023. (Author:AE001)




Video Terkait:

Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment