MTsN 2 Kota Bima Ikut Meriahkan Festival Rimpu Mantika Kota Bima 2022
Budaya Mbojo

By admin 07 Mei 2023, 13:38:09 WIB Budaya
MTsN 2 Kota Bima Ikut Meriahkan Festival Rimpu Mantika Kota Bima 2022

Gambar : Festival Rimpu Mantika Kota Bima 2022


Festival Rimpu Mantika Kota Bima 2022 digelar hari ini, Sabtu (27/08) merupakan perhelatan besar masyarakat Kota Bima  untuk mengekpresikan budaya asli mobjo, patut mendapat apresiasi dari berbagai kalangan.
Festival itu sendiri bukan sekedar perhelatan budaya namun dibalik itu ada pesan-pesan yang menjelaskan bahwa wanita Bima Mbojo memiliki semangat ketaatan terhadap syari’at Islam (religius). Para Wanita Mbojo mengenakan rimpu dari kain sarung goli pada tubuh bagian atas tak ubahnya seperti mukenah. Sedangkan Kaum Laki-laki menggunakan sarung goli pada bagian bawah dan juga diselempangkan.
Memakai Rimpu bagi masyarakat Bima diakuinya bukan hal yang baru, sejak awal masuknya Islam sekitar 1640 M. Perkembangan selanjutnya dipengaruhi oleh datangnya pedagang Arab banyak membawa pengaruh besar terhadap perubahan busana sebagai proses akulturasi yang sejalan dengan kondisi keislaman saat itu.
Dengan masuknya Islam dan menjadi kepercayaan yang kuat di masyarakat, hampir semua nilai-nilai kebudayaan masyarakat menggunakan nilai-nilai religius, diantaranya terjadi modifikasi pakain lokal Sanggentu menjadi Rimpu, sebagai bentuk ketaatan terhadap syari’at menutup aurat.
Hal ini sejalan dengan perintah Qur’an: “Katakanlah kepada wanita yang beriman: “Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) nampak dari padanya. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kudung kedadanya,” (TQS. An-Nuur [24]: 31)
Hai Nabi, katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mukmin: ‘Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka.’ (TQS. Al-Ahzab [33]: 59).
Jadi, Rimpu tidak kita batasi sebagi budaya, namun yang paling kental adalah adanya nilai-nilai identitas keislaman dan keindahan yang pernah ada dan akan tetap di lestarikan.
Festival Rimpu tahun ini, nampak puluhan ribu masyarakat Kota Bima tumpah rauh mengikutinya dengan penuh antosias dan kegembiraan. 
MTs Negeri 2 Kota Bima tidak absen ikut berpartisipasi memeriahkan Festival Rimpu Mantika tahun ini dengan mengutus 100 Guru dan Pegawai serta 200 Peserta Didik. Pawai pestival ini dimulai start dari Lapangan Serasuba bagi zona barat dan dari Lapangan Pahlawan untuk zona timur kemudian sama-sama bertemu di finish Kantor Wali Kota Bima. (al-Faqir)




Video Terkait:

Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment