Kamad MTsN 2 Kota Bima : Lanjutkan Semangat Perjuangan Pahlawan dengan Belajar Sungguh-sungguh
Upacara Bendera Hari Pahlawan 2022

By admin 10 Nov 2022, 17:14:58 WIB Acara
Kamad MTsN 2 Kota Bima : Lanjutkan Semangat Perjuangan Pahlawan dengan Belajar Sungguh-sungguh

Gambar : Upacara Hari Pahlawan 2022 MTsN 2 Kota Bima


MTsN 2 Kota Bima - Berdasarkan Surat Himbauan Pemerintah Provinsi NTB Sekretariat Daerah No : 1258.1/III.3/Sosial, tanggal 8 November 2022, tentang Upacara Bendera Hari Pahlawan 2022, maka pada hari ini, 10 November 2022 keluarga besar MTs Negeri 2 Kota Bima Gelar Upacara Bendera dalam rangka Hari Pahlawan Tahun 2022 di halaman madrasah setempat. Petugas upacara bendera dilaksanakan oleh Pengurus OSIM dan Pembina Upacara diemban langsung oleh Kepala Madrasah.
"Hari ini 10 November adalah hari dahsyat, hari istimewa, hari yang penuh sejarah" ucap Kepala MTsN 2 Kota Bima mengawali pidato amanat pembina upacara. Lebih lanjut Dia menceritakan sekelumit peristiwa bersejarah 10 November 77 tahun yang silam. Pertempuran tersebut terjadi antara pasukan Indonesia melawan pasukan Inggris usai Proklamasi Kemerdekaan Indonesia. Sebelumnya, pihak Indonesia dan pihak Inggris sempat menandatangani gencatan senjata pada 29 Oktober 1945. 
Gencatan senjata tersebut tidak berlangsung lama. Puncak bentrokan terjadi akibat terbunuhnya Brigadir Jenderal Mallaby (Pimpinan Tentara Inggris untuk Jawa Timur) pada 30 Oktober 1945. Kematian Jendral Mallaby ini memicu kemarahan pihak Inggris kepada Indonesia. Pengganti Jenderal Mallaby, Mayor Jenderal Eric Carden Robert Mansergh mengeluarkan Ultimatum 10 November 1945. Pihak Indonesia diminta untuk menyerahkan persenjataan dan menghentikan perlawanan pada tentara AFNEI dan administrasi NICA. Apabila Indonesia tidak menaati ultimatum tersebut, ada ancaman gempuran ke kota Surabaya dari darat, laut, dan udara.
Ultimatum itu tidak ditaati oleh rakyat Surabaya. Akibatnya, terjadilah pertempuran Surabaya tanggal 10 November 1945.
Medan perang 10 November 1945 di Surabaya mendapat julukan "neraka" karena menyebabkan kerugian yang tidak sedikit. Sekitar 20.000 jiwa rakyat Indonesia gugur, dan 1.600 orang prajurit Inggris tewas, luka-luka dan hilang. Maka, tanggal 10 November ditetapkan sebagai Hari Pahlawan. Peringatan tersebut adalah bentuk penghargaan atas jasa dan pengorbanan para pahlawan dan pejuang.
Di akhir amanat, Kepala MTsN 2 Kota Bima, memesan peserta didiknya supaya menghargai dan mengingat jasa para pahlawan bangsa dengan menjaga persatuan dan kesatuan, tingkatkan kecintaan pada Negara. Lanjutkan Semangat para pahlawan dengan Belajar sungguh-sungguh. Zaman sekarang, tidak lagi ada perang fisik, namun berlaku perang otak intelektual. Bermalas-malasan merupakan bentuk pengkhianatan terhadap jasa para pahlawan yang telah mendahului kita. Siswa nakal merupakan pengkhianat lagi munafik tidak bisa mengemban amanah para pahlawan. Buatlah sejarah yang baik sperti para pahlawan bangsa, supaya nama kalian dikenang abadi selamanya, harap pak Geno mengakhiri amanatnya.
Upacara Bendera dalam rangka Hari Pahlawan 2022 di MTsN 2 Kota Bima berjalan lancar, aman, tertib dan penuh Hidmat (al-Faqir)




Video Terkait:

Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment