Kado Hari Santri 2022, Bintang Kelas VIII-2 (TI) Luncurkan Aplikasi JAMAPEL Versi Android
Hari Santri Nasional 2022 | MTsN 2 Kota Bima

By admin 22 Okt 2022, 11:25:58 WIB Teknologi
Kado Hari Santri 2022, Bintang Kelas VIII-2 (TI) Luncurkan Aplikasi JAMAPEL Versi Android

Gambar : Santri MTsN 2 Kota Bima Luncur Aplikasi JAMAPAEL sebagai Kado Hari Santri 2022


Tanggal 22 Oktober ditetapkan sebagai Hari Santri Nasional oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) pada tahun 2015 lalu melalui Keppres Nomor 22 tahun 2015.
Penetapan tersebut merupakan bentuk penghargaan pemerintah terhadap peran para santri dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.
Menurut Jokowi, kemerdekaan Indonesia pada tahun 1945 tidak lepas dari semangat jihad yang ditunjukkan oleh kaum santri.
Banyak pihak yang bertanya-tanya alasan dipilihnya tanggal 22 Oktober sebagai Hari Santri Nasional.
Menilik catatan sejarah, ternyata tanggal tersebut memiliki kaitan langsung dengan peristiwa paling bersejarah ketika bangsa Indonesia berjuang mempertahankan kemerdekaannya.
Peristiwa tersebut adalah deklarasi Resolusi Jihad yang dilakukan pendiri Nahdlatul Ulama (NU) KH Hasyim Asy’ari di Surabaya pada tanggal 22 Oktober 1945.
Pada hari itu, KH Hasyim Asy’ari menyerukan untuk ikut berjuang mencegah tentara Belanda kembali menguasai Indonesia melalui Netherlands Indies Civil Administration (NICA).
KH Hasyim Asy’ari menyerukan kepada santrinya bahwa perjuangan membela Tanah Air merupakan kewajiban bagi setiap Muslim.
"Membela tanah air dari penjajah hukumnya fardlu'ain atau wajib bagi setiap individu," ujar KH Hasyim Asy’ari.
Seruan jihad yang dikobarkan oleh KH Hasyim Asy'ari ini membakar semangat para santri di kawasan Surabaya dan sekitarnya.

Hari ini merupakan Hari Santri Nasional Tahun 2022 (22/10). Bintang Santri asal MTs Negeri 2 Kota Bima tidak mau melewatkan moment yang bersejarah ini. Bintang santri itu saat ini sedang duduk di kelas VIII-2 (TI) atas nama M. Rafsanjani dan Nurul Inayah. Mereka meluncurkan aplikasi JAMAPAEL Versi Android sebagai Kado Hari Santri Tahun 2022. 
Aplikasi JAMAPAEL ini merupakan aplikasi versi android yang berfungsi melihat jadwal mata pelajaran untuk kelas pada MTs Negeri 2 Kota Bima yang bisa diinstal pada HP (android). Karya pertama ini hanya berisi jadwal pelajaran kelas VIII-2 (TI) saja. Sedangkan untuk kelas yang lain masih dalam proses pembuatan oleh santri VIII-2 (TI) yang lain. M. Rafsanjani dan Nurul Inayah merupakan bintang kelas VIII-2 (TI), mereka mampu merampung aplikasi ini dalam jangka waktu 3 hari saja. Mereka berdua santri pembelajar yang baik lagi cepat, terbukti mampu mendahului teman-temannya yang lain.
Harapannya, aplikasi ini akan dikembangkan dilengkapi dengan pengingat alarm dan notifikasi. Selanjutnya ke depan, akan membuat aplikasi android jadwal mengajar guru bernotifikasi dan alarm. Semoga aplikasi ini bermanfaat.

Download Aplikasinya klik di sini




Video Terkait:

Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment